Selasa, 04 Desember 2018

Gejala Tipes Pada anak Dan Cara Pencegahannya

Gejala Tipes - Penyakit tipes atau biasa kita kenal dengan demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella thypii, Dimana bakteri tersebut dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal batasan usia.

Biasanya bakteri tersebut dapat menyebar dan menginfeksikan tubuh orang lain dengan melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi oleh bakteri tersebut. Sehingga bakteri tersebut dengan mudah masuk dan menginfeksikan bagian tubuh dalam. 

Biasanya penyakit ini rentan menyerang anak-anak yang masih dibawah umur, hal tersebut terjadi karena sistem imun pada anak tidak sekuat sistem imun orang dewasa. Sehingga hal ini anak lebih sering tertular penyakit tipes. 

Dibawah ini ada beberapa gejala penyakit tipes yang sering muncul pada anak : 

Gejala Tipes Pada anak


  • Demam Tinggi 
    Umumnya, seorang anak yang terkena infeksi bakteri tersebut akan mengalami gejala demam yang tinggi. Biasanya demam ini akan naik pada malam hari dan turun pada pagi hari. Kondisi ini tentunya membuat anak tidak merasa nyaman dan tentunya akan sangat rewel. 
  • Nafsu Makan Berkurang
    Salah satu hal yang paling berbahaya pada saat menderita penyakit tipes yaitu nafsu makan menjadi berkurang. Hal ini diakibatkan karena bakteri yang ada pada tubuh mulai menginfeksikan tubuh, sehingga membuat tubuh menolak untuk diberi asupan makanan.
  • Gangguan Pada Pencernaan
    Tifus identik dengan bakteri yang berasal dari makanan yang sudah terkontaminasi. Maka sudah tidak asing lagi, jika salah satu gejala tipes pada anak yaitu mengalami gangguan pada pencernaan. Seperti diare, sakit perut, dll. Hal tersebut terjadi karena adanya infeksi usus. 
  • Tepi Lidah Memutih 
    Anak yang terserang gejala tifus akan menimbulkan perubahan pada warna tepi lidah. Biasanya pinggir lidah masih tetap berwarna merah, sedangkan bagian tengah berwarna putih atau pucat. Hal ini dikarenakan terjadinya inflamasi pada penyakit tifus, sehingga menyebabkan perubahan pada warna lidah. 

 Cara Pencegahannya 

Untuk mencegah terjadinya penyakit tipes pada anak dan menimbulkaj gejala-gejala seperti diatas, maka sebaiknya segera diatngani dengan cepat dan benar. Karena jika penyakit tipes pada anak tidka diatasi dengan benar, maka akan menimbulkan komplikasi yang sangat berbahaya. Nah, untuk itu, melakukan pemeriksaan tidak lah cukup, anda juga harus melakukan pengobatan dengan obat tifus pada anak untuk emngobati tipes dan mengatasi gejala tipes pada anak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar